Enam Mutiara dari Prinsip-Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Ringkasan Kitab Sittu Durrar min Ushuuli Ahlil Atsar)

(0 User reviews)   1068   672
By Ebook Sunnah Posted on May 19, 2023
In Category - Aqidah
Mochammad Hilman Alfiqhy www.sabiluna.net 2021

Kitab Sittu Durar min Ushuuli Ahlil Atsar pada asalnya merupakan suatu pembahasan yang dibahas pada pendahuluan/mukadimah dari kitab Madaarikun Nazhar fis Siyaasah baina Tathbiiqaati Al-Syar’iyyahwa Al-‘infi’aalaat Al- Hamaasiyyah, buah pena Syaikh Abdul Malik bin Ahmad Ramadhani, Hafizhahullah. Kitab Madaarikun Nazhar telah mendapatkan pujian dan persetujuan dari para ulama besar, di antaranya adalah Syaikh Al-Albani dan Syaikh Muhammad bin shalih Al-Utsaimin, Rahimahumallah, kemudian Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad dan Syaikh Shalih Al-Fauzan, Hafizhahumallaah serta ulama-ulama lainnya dari kalangan Ahlus Sunnah (dapat dilihat pada kata pengantar kitab tersebut).

 

Di dalam pendahuluan kitab Madarikun Nazhar terdapat pembahasan mengenai enam prinsip penting Manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Thullab ‘ilmi (para penuntut ilmu syar’i) yang telah meneliti kitab tersebut mendapati urgensi tersendiri pada pendahuluan kitab Madarikun Nazhar. Mereka mengusulkan kepada penulisnya untuk menuliskan pembahasan pada pendahuluan kitab Madarikun Nazhar menjadi sebuah kitab tersendiri yang ringan, sehingga mudah disebarluaskan untuk mengenalkan Manhaj Ahlus Sunnah kepada seluruh umat Islam.

 

Pada awalnya Syaikh menolak dengan harapan ada orang yang lebih berilmu darinya yang berkenan merealisasikan maksud mulia tersebut, yakni menulis buku tersendiri tentang Manhaj. Namun setelah mempertimbangkannya selama beberapa tahun dan disertai banyaknya permintaan, akhirnya Syaikh Abdul Malik menyetujui usulan tersebut sehingga ditulislah kitab Sittu Durar min Ushuuli Ahlil Atsar.

 

Keterangan tersebut menunjukkan bahwa kitab Sittu Durar mengandung pembahasan yang sangat penting untuk diketahui kaum Muslimin. Akan tetapi kitab ini berbahasa Arab, sehingga hanya sedikit kaum muslimin yang dapat mengambil faedah dari kitab tersebut. Oleh karena itu Saya menerjemahkan kitab Sittu Durar ini agar semakin banyak umat Islam di negeri ini yang dapat mengambil faedahnya. Untuk memudahkan memahami kitab ini, Saya meringkasnya sebagai suatu pengenalan awal terhadap landasan-landasan penting Manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

There are no reviews for this eBook.

0
0 out of 5 (0 User reviews )

Add a Review

Your Rating *

Related eBooks