Perhiasan Akhlak Penuntut Ilmu Sejati

(0 User reviews)   822   389
Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi abiubaidah.com 2024

Syaikhu Masayikhina Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah berkata: “Penuntut ilmu apabila tidak menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia maka menuntut ilmunya tidak ada faedahnya. Sewajibnya bagi seorang apabila mengetahui tentang akhlak mulia atau ibadah utama untuk melaksanakannya, karena jika tidak, maka dia tak ada bedanya dengan orang yang jahil. Maka saya menganjurkan kepada diriku pribadi dan kepada kalian semua untuk berhias diri dengan akhlak yang mulia”.

 

Mengingat pentingnya masalah akhlak penuntut ilmu ini, banyak para ulama menulis buku tentangnya baik dahulu hingga sekarang. Di antara kitab yang sangat bagus tentang akhlak penuntut ilmu adalah kitab “Hilyah Thalibil Ilmi” karya Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah. Buku ini termasuk perbendaharaan ilmu yang sangat berharga karena merupakan ringkasan dan intisari dari berbagai kitab yang membahas masalah ini. Sungguh, kebutuhan penuntut ilmu kepada buku ini seperti kebutuhan orang yang dahaga kepada air minum yang segar.

 

Buku Hilyah ini memiliki beberapa keistimewaan :
1. Menghimpun banyak permasalahan dalam adab-adab menuntut ilmu.
2. Penulisnya adalah seorang ulama salafi sunni yang selalu membangun karya tulisnya dengan dalil-dalil syar’i.
3. Membahas masalah-masalah kekinian yang dibutuhkan oleh penuntut ilmu.
4. Ditulis dengan bahasa sastra yang tinggi dan indah.
5. Disyarah (dijelaskan) oleh para ulama semasanya seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Syaikh Dr. Sa’ad Asy Syatsri. Buku ini juga diringkas dan dibikin mandzumah tentangnya. Semua itu menunjukkan perhatian para ulama terhadap buku ini yang menunjukkan keistimewaan buku ini.

 

Alhamdulillah, Al Faqir pribadi pernah mempelajari buku ini bersama Syaikhuna Dr. Sami bin Muhammad As Suqayyir, menantu dan murid senior Syaikh Ibnu Utsaimin di Jami’ Ibnu Utsaimin saat belajar di sana. Kemudian kami mempelajarinya lagi di daurah ilmiah ke 23 yang diadakan oleh STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya pada 22-27 April 2024 bersama Syaikh Dr. Ziyad Al Abbadi, salah satu murid Syaikh Al Albani.

 

Kini kami merasa penting untuk mengeluarkan zakat ilmu dari buku ini karena kami menilai isi buku ini sangat dibutuhkan sekali oleh para penuntut ilmu saat ini. Oleh karenanya, kami berusaha untuk meringkasnya dan memberikan catatan-catatan indah dari para masayikh saat kami belajar dan dari para ulama yang mensyarah buku ini. Maka yang kami lakukan dalam buku ini:
1. Meringkas kitab Hilyah Thalibil Ilmi karya Syaikh Bakr Abu Zaid
2. Menerjemahkannya secara bebas agar mudah dipahami
3. Menghiasinya dengan catatan-catatan ilmiah yang kami dapatkan saat kami belajar buku ini dan kami akan menyebutkannya di akhir catatan
4. Menukilkan cuplikan syarah dari para ulama yang mensyarah buku ini pada bagian yang dibutuhkan 

 

Semoga sedikit jerih payah ini ikhlas hanya mengharapkan pahala dari Allah 'Azza wa Jalla dan semoga buku ini bermanfaat bagi saudara-saudari kami, khususnya para penuntut ilmu agar semakin baik akhlaknya dan adabnya.

There are no reviews for this eBook.

0
0 out of 5 (0 User reviews )

Add a Review

Your Rating *

Related eBooks