Untaian Mutiara Hadits (Beberapa Petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam Dalam Meniti Hidup di Dunia)

(0 User reviews)   274   239
By Ebook Sunnah Posted on Dec 22, 2022
In Category - Hadits
Marwan bin Musa wawasankeislaman.blogspot.com

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menjelaskan, bahwa sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam, seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan dalam agama, dan setiap yang diada-adakan adalah bid‟ah dan bahwa setiap bid‟ah tempatnya di neraka.

 

Dari penjelasan Beliau di atas dapat kita ketahui, bahwa petunjuk yang terbaik adalah petunjuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sehingga sungguh sangat beruntung orang yang mengambil petunjuk Beliau dan menjadikannya sebagai dasar pijakannya dalam melakukan tindakan, karena ia telah mengambil khairul hadyi (sebaik-baik petunjuk). Sebaliknya, sungguh sangat rugi mereka yang meninggalkan petunjuk Beliau dan beralih mengambil petunjuk selain Beliau, seperti mereka yang mengambil pendapat para filusuf dan menjadikannya sebagai dasar pijakan mereka dalam bertindak. Atas dasar inilah, kami menyusun buku ini agar petunjuk-petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjadi jelas bagi kita sehingga kita dapat mengikutinya dan menjadikannya sebagai pelita bagi kita dalam meniti hidup di dunia.

 

Adapun hadits-hadits di dalamnya, maka penulis upayakan agar berkisar antara yang shahih atau hasan saja –insya Allah- ditambah dengan syarah(penjelasan)nya yang diambil dari kitab- kitab syarah hadits dan lainnya. Hadits-hadits di dalamnya juga memuat hadits-hadits yang terkait dengan Akidah, Ibadah, Akhlak, Adab, dan sedikit masalah Mu'amalah. Menurut penulis, buku ini cocok diajarkan oleh kepala keluarga kepada istri dan anak-anaknya sebagai upaya menjaga diri dan keluarga dari api neraka, semoga Allah melindungi kita darinya, Allahumma aamiin.

 

Dengan membaca buku ini, Anda dapat mengetahui kebenaran sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Wa khairul hadyi hadyu Muhammad" (artinya: Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam).

 

Penulis meminta kepada Allah Rabbana dengan semua nama-Nya yang indah dan sifat-sifat- Nya yang Tinggi agar Dia menjadikan tulisan ini ikhlas karena-Nya, menambah timbangan kebaikan bagi penulis di akhirat serta menjauhkan penulis dari pembatal-pembatal amalan dan menjadikannya bermanfaat. Innahu waliyyu dzaalik wal qaadir 'alaih.

There are no reviews for this eBook.

0
0 out of 5 (0 User reviews )

Add a Review

Your Rating *

Related eBooks