Kewajiban Menuntut Ilmu Agama

(0 User reviews)   421   262
By Ebook Sunnah Posted on Oct 7, 2023
In Category - Tholabul Ilmi
Muhammad bin al-Husain al-Ajurriy Belajar Tauhid 2018

Generasi salaf umat ini telah memperoleh pertolongan Allah dalam menjelaskan hakikat dan keutamaan ilmu, serta berbagai etika yang sepantasnya menghiasi pribadi para penuntut ilmu. Salah satu pribadi yang mendapatkan taufik dalam topik tersebut adalah al-Imam Abu Bakr Muhammad al-Husain al-Ajurri (wafat tahun 360H). Beliau telah menyusun sejumlah karya terkait tema ini, yaitu kitab Akhlaq al-Ulama, Akhlaq Hamalah al-Quran, Shifat al-Ghuraba dan Fardh Thalab al-Ilmi.

 

Judul yang terakhir disebutkan merupakan karya beliau yang sangat berharga dalam topik ini. Di dalamnya terdapat sejumlah penjelasan perihal: ilmu agama yang wajib dipelajari, keutamaan menuntut ilmu agama karena Allah, kebutuhan guru dan murid untuk bersikap rendah hati; dan ilmu agama yang lebih utama untuk dipelajari.

 

Kitab ini memiliki sebuah manuskrip dengan kondisi yang memprihatinkan dikarenakan telah mengalami berbagai peristiwa sehingga bagian tepi manuskrip lapuk dan sejumlah tulisan di beberapa halaman terhapus.

 

Terdorong karena mengingat isi dan kebutuhan terhadap kitab ini yang begitu penting, saya ingin menghadirkan kandungannya kepada kaum muslimin. Karena itu dalam buku ini, saya meringkas kitab beliau tersebut dengan redaksi bahasa yang kerap digunakan oleh sang penulis (al-Imam al-Ajurri), dengan harapan dapat menjadi akses bagi setiap orang yang juga telah memiliki manuskrip, pelengkap bagi yang belum memiliki dan pengingat serta nasihat bagi diriku sendiri dan orang yang membacanya.

 

Dalam meringkas kitab ini, saya mengacu pada manuskrip asli berupa tulisan tangan al-Imam al-Ajurri yang ada di kota Berlin. Kitab ini merupakan bagian dari kumpulan manuskrip yang terdapat pada halaman 87 hingga 101.

 

Kelembaban udara mempengaruhi manuksrip tersebut sehingga menghapus sebagian kata dan kalimat. Namun mayoritas yang terhapus adalah sejumlah atsar bukan perkataan dan komentar penulis yang menjadi tujuan utama dari peringkasan ini.

 

Hanya kepada Allah kami memohon agar memberikan manfaat atas apa yang telah diilmui dan mengajarkan segala hal yang bermanfaat. Kami memohon kepada-Nya agar tidak menjadikan apa yang telah diilmui sebagai bumerang dan musibah bagi diri kami. Sesungguhnya Allah Mahamemberi pertolongan dan Mahakuasa untuk berbuat hal itu.

There are no reviews for this eBook.

0
0 out of 5 (0 User reviews )

Add a Review

Your Rating *

Related eBooks